IKRA-ITH Humaniora : Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 2 No 1 (2018): IKRAITH-HUMANIORA vol 2 Nomor 1 Bulan Maret 2018

POTENSI WAKAF UANG UNTUK PENDIDIKAN (STUDI KASUS FEB UMJ)

., Jaharuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2018

Abstract

Pendidikan adalah tujuan bangsa, realitasnya tidak semua anak bangsa mendapatkan pendidikan yang layak,biaya pendidikan terus naik dan semakin mahal. Dinegara lain wakaf memberikan solusi bagi pendidikan,bagaimana wakaf uang di Indonesia?, bisakah menjadi solusi?, akan dibahas dalam judul potensi pengelolaanwakaf uang untuk pendidikan (studi kasus di FEB UMJ).Penelitian ini menemukan Keistimewaan wakaf adalah (1).Pahalanya terus mengalir sekalipun yangberwakaf sudah meninggal. (2). Terus menerusnya manfaat walaupun generasi berganti, (3). Wakaf mempunyaiwatak abadi. (4). Perlu diperbanyak yang mengelola wakaf secara produktif. (5). Terbukti menjadi solusi dalambidang pendidikan dan jaminan sosial. (6). Pengelolaan wakaf adalah bagian dari pengelolaan manajemenstrategis suatu kampus. (7). Fleksibel.Potensi wakaf di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMJ sebesar Rp.150.320.000,- perbulan atau setara dengan Rp. 1.803.840.000,- per tahun. Potensi wakaf uang di UniversitasMuhammadiyah Jakarta (UMJ) perbulan mencapai angka Rp. 528.270.000,- atau setara dengan Rp.6.339.240.000,- . Langkah-langkah implementasi wakaf uang untuk pendidikan adalah; (1).Kelembagaan. (2).Edukasi. (3). Penghimpunan Wakaf uang dan wakaf lainnya. (4). Manajemen Investasi. (5). Manajemen Bagihasil manfaat.

Copyrights © 2018