Sistem pengelolaan kelas di Indonesia merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan dengan baik sesuai dengan kebijakan kurikulum 2013. Sehingga, proses belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Perbedaan tingkat kecerdasan, mental termasuk biologis peserta didik merupakan alasan mendasar.Kajian ini menunjukkan bahwa tujuan utama pengelolaan kelas adalah memberdayakan nalar, mental juga gerak peserta didik melalui pendekatan kekuasaan, ancaman, kebebasan, resep, pengajaran, perubahan tingkah laku, suasana emosi dan hubungan sosial, proses kelompok serta elektis atau pluralistik. Pendekatan ini mengikuti beberapa prinsip sekaligus keterampilan : hangat dan antusias, tantangan, bervariasi, keluwesan, pendekatan pada hal-hal yang positif, penanaman disiplin diri,sikap tanggap, membagi perhatian dan pemusatan perhatian kelompok. Kesimpulan dari kajian ini yaitu pengelolaan kelas berfokus kepada kegiatan pengaturan untuk kepentingan pengajaran. Pengelolaan kelas menyediakan fasilitas bagi berbagai kegiatan belajar peserta didik dalam lingkungan sosial, emosional, dan intelektual. Kata Kunci : Sistem, Pengelolaan Kelas, Indonesia, Kurikulum 2013,
Copyrights © 2017