Techne : Jurnal Ilmiah Elektroteknika
Vol. 14 No. 02 (2015)

Aplikasi Mobile Learning Berbasis Web Service Menggunakan Sistem Operasi Android (Studi Kasus Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer UKSW)

Acip Susman Alyahi (Universitas Kristen Satya Wacana)
Saptadi Nugroho (Universitas Kristen Satya Wacana)
Darmawan Utomo (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2015

Abstract

Pada makalah ini akan dijelaskan perancangan sebuah aplikasi Android yang dapat menambah fleksibilitas kegiatan belajar mengajar antara pengajar dan pelajar selain harus berada di dalam kelas. Dengan aplikasi ini pengajar yang dalam hal ini dosen atau asisten dosen dapat membuat materi, perintah tugas, dan pengumuman yang dapat dilihat oleh pengguna yang terdaftar dalam database server aplikasi tersebut. Aplikasi ini bekerja dengan menggunakan web service dengan mengakses data pada suatu web server dalam format Java Script Object Notation (JSON). Berdasarkan dari pengujian unit yang dilakukan didapatkan hasil aplikasi dapat berjalan 100%. Format JSON menjadi salah satu alternatif media web service sebagai pertukaran data karena memiliki ukuran data yang lebih ramping sehingga kecepatan loading transfer datanya lebih cepat dibandingkan dengan format XML. Aplikasi ini dapat berjalan di sistem operasi Android versi 4.0.3 dan diatasnya.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

techne

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering

Description

urnal Ilmiah Elektroteknika Techné (p-ISSN: 1412-8292, e-ISSN: 2615-7772) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer, Universitas Kristen Satya Wacana. Kajian ilmu yang tercakup dalam Jurnal Ilmiah Elektroteknika Techné adalah bidang-bidang Elektronika ...