JURNAL SERAMBI ILMU
Vol 28, No 1 (2017)

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSTITUSI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN BERBANTUAN LKS WORD SQUARE DI KELAS X-I SMA NEGERI PEUKAN BADA ACEH BESAR

Akhyar, Akhyar (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2017

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi konstitusi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan berbantuan LKS  Word Square di Kelas X-I SMA Negeri Peukan Bada Aceh Besar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-I SMA Negeri Peukan Bada Aceh Besar yang aktif selama tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Tahap pelaksanaan dalam setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, menggunakan tes, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa, dan soal tes berupa soal pilihan ganda. Analisis data dilakukan dengan analisis deskrptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 71,88% dan pada siklus II adalah 79,91%, dan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 75% dan menjadi 86% pada siklus II, dengan rata-rata kelas mencapai 71,43 pada siklus I dan 76,07 pada siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan berbantuan LKS Word Square dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-I SMA Negeri Peukan Bada Acedh Besar pada materi Konstitusi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

serambi-ilmu

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Serambi Ilmu is published since 2003, consistence to publishing the orginil manuscript of educational sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals ...