Jurnal Administrasi Bisnis
Vol 61, No 3 (2018): AGUSTUS

PENGARUH HARGA DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Survei pada Pengunjung Wisata Paralayang, Kota Batu)

Adriel Jordan Anggono (Unknown)
Sunarti Sunarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2018

Abstract

This research aims to: (1)investigate the influence of perceived price on visitation decision; (2)investigate the influence of word of mouth on visitation decision; (3)investigate the influence of  perceived price and word of mouth on visitation decision in Paralayang Tourist Attraction in Batu City simultaneously. The research method used explanatory research with quantitative approach. Total sample is 97 respondents who visits Paralayang tourist attraction in Batu City who visit and used the Paragliding rides and at least already 16 years old. The sampling technique used is purposive sampling with questionnaires as the instrument for collecting data. Analysis of the data in this research used descriptive analysis and regression. The result of this research shows that: (1)price(X1) has significant influence on visitation decision variable(Y) proven with visitation decision will increase by 0.325 units every price variable increased; (2)word of mouth(X2) has influence on visitation decision(Y2) proven with visitation decision will increase by 0.527 units every word of mouth variable is increased; (3)price(X1) and word of mouth(X2) has influence on visitation decision(Y) proven with value of sig F(0,000)<α=0.05 then the regression analysis model is significant and the dependent variable influenced significantly by the independent variable (price(X1), word of mouth(X2)). Kеywords: Price, Word of Mouth, Visitation Decision АBSTRАK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah harga berpengaruh terhadap keputusan berkunjung di Wisata Paralayang Kota Batu, (2) apakah word of mouth berpengaruh terhadap kepuasan berkunjung di Wisata Paralayang Kota Batu, (3) apakah harga dan word of mouth berpengaruh terhadap kepuasan berkunjung di Wisata Paralayang Kota Batu. Desain penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh orang yang pernah mengunjungi Wisata Paralayang Kota Batu. Kriteria sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang yang pernah atau sedang mengunjungi Wisata Paralayang yang berusia diatas 16 tahun dengan menggunakan teknik purposive sampling untuk penarikan sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Variabel Harga memiliki pengaruh signifikan terhadap Variabel Keputusan Berkunjung. Terbukti dengan Keputusan Berkunjung akan meningkat sebesar 0,325 satuan setiap Harga mengalami peningkatan (2) Variabel Word of Mouth memiliki pengaruh signifikan terhadap Variabel Keputusan Berkunjung. Terbukti dengan Keputusan Berkunjung akan meningkat sebesar 0.527 satuan setiap Word of Mouth mengalami peningkatan (3) Variabel Harga dan Word of Mouth secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap Variabel Keputusan Berkunjung. Terbukti dengan nilai sig F (0,000) < α = 0.05 maka model analisis regresi adalah signifikan dan variable terikat dapat dipengaruhi secara signifikan oleh variabel bebas (Harga (X1), Word Of Mouth (X2)). Kata Kunci: Harga, Word of Mouth, Keputusan Berkunjung

Copyrights © 2018