METASASTRA: Jurnal Penelitian Sastra
Vol 7, No 2 (2014)

REPRESENTASI ANTARA FAKTA DAN FIKSI JANG OK JUNG SEBUAH DRAMA SEJARAH KOREA (Representation Between Fact and Fiction of “Jang Ok Jung”: a Korean Historical Drama)

Supriatin, Yeni Mulyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2016

Abstract

Karya sastra yang berlatar belakang sejarah selalu menarik untuk dicermati. Apakah karya sastra tersebut menggambarkan fakta sejarah atau lebih banyak imajinatifnya? Terlepas dari itu Jang Ok Jung Live for Love sebuah drama Korea yang disiarkan dalam media televisi bernuansa historis cukup menarik diteliti. Penelitian ini bermaksud menggali makna drama Jang Ok Jung dengan mengamati variasi-variasi dalam drama tersebut berdasarkan sejarah selaku hipogramnya, melalui studi intertekstual. Masalah yang menarik untuk dikaji adalah bagaimana gambaran Ok Jung, bagaimana pula sepak terjang Ok Jung mulai ia berperan sebagai Ok Jung sampai menjadi Jang Hee Bin, dan siapa saja yang mendukung dan menjegalnya? Metode yang digunakan dalam memaknai drama tersebut adalah deskriptif kualitatif dan perbandingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara sejarah dan dramanya terdapat perbedaan yang mencolok. Dialog, alur, motif, dan penampilan gambar sebagai kekuatan visualisasi lebih “berwarna” daripada sejarahnya. Drama televisi yang lebih berorientasi pada pasar juga menjadi pertimbangan lain adanya perbedaan antara sejarah dan fiksi.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

metasastra

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Metasastra: Jurnal Penelitian Sastra is a journal published by Balai Bahasa Jawa Barat, ISSN printed 2085-7268 and ISSN online 2503-2127. This journal is a literary research journal that publishes various research reports, literature studies, and literary papers on literature. Published ...