Setelah dilakukan observasi dan evaluasi dalam pembelajaran yang hasilnya digunakan sebagai bahan refleksi atas apa yang terjadi pada mata pelajaran Sains kelas VI meteri Rangkaian seri dan rangkaian paralel diketahui ketidakberhasilan mencapai standar keberhasilan yang ditetapkan sebesar 75,00 serta adanya ketidakaktifan dan ketidakpahaman siswa pada konsep rangkaian seri dan rangkaian paralel sehingga diperlukan adanya perbaikan pembelajaran. Metode eksperimen PTK diberikan untuk memberi kesempatan kepada peserta didik agar dapat mengalami sendiri atau melakukan sendiri, mengikuti suatu proses, mengamati suatu objek, menganalisis, membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang suatu objek, keadaan atau proses sesuatu dan diharapkan mampu memperbaiki hasil pembelajaran. Secara umum hasil Penelitian Tindakan Kelas meningkatkan pemahaman tentang rangkaian seri dan rangkaian paralel dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) mata pelajaran Sains pada kelas VI SDN 10 Ujan Mas dengan mengoptimalkan penggunaan metode eksperimen sebagai alternatif strategi pembelajaran. Dari analisis data nilai hasil evaluasi siklus II jika dibanding dengan siklus I terdapat kenaikan yang sangat berarti. Pada siklus I dari 20 siswa diperoleh nilai rata-rata kelas 65.5, nilai 70 keatas dengan 12 siswa atau 60%, siswa mendapat nilai dibawah 6 dan 8 siswa atau 40% , sedangkan pada siklus II dari 20 siswa diperoleh nilai rata-rata kelas 8,8 dengan 19 siswa nilai 70 keatas atau 95% siswa mendapat nilai 60 hanya 1 siswa atau 5%, maka pelaksanaan siklus II telah berhasil meningkatkan prestasi belajar rangkaian seri dan rangkaian paralel di SD Negeri SDN 10 Ujan Mas dengan standar keberhasilan 75,00. Hal ini menunjukkan bahwa metode Eksperimen yang digunakan peneliti terbukti dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas VI SDN 10 Ujan Mas Tahun Pelajaran 2014/2015
Copyrights © 2016