PENDIPA Journal of Science Education
Vol 2, No 1 (2018): February

Pengukuran kualitas dan muka air tanah di sekitar PT. Bio Nusantara Teknologi untuk mendukung proses pembelajaran fisika

Dwi Alfina Septianingsih (Unknown)
M. Lutfi Firdaus (Unknown)
Muhammad Farid (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2018

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi air tanah di sekitar perkebunan sawit di Desa Pondok Kelapa-Bengkulu yang dilakukan dengan menggunakan resistivity-meter metode geolistrik, konfigurasi elektroda Wenner. Data pengukuran muka air tanah dan hasil kualitas air diperoleh pada 4 lokasi penelitian. Interpretasi kurva resistivitas dengan Res2dinv menunjukkan bahwa daerah Pondok Kelapa masih memiliki potensi air tanah dengan jarak 0,5 m. Keempat lokasi diantaranya: (1) pada rata-rata kedalaman 1,967 m dengan pH 6, besi 0,0021 mg/L dan kekeruhan 54,16 NTU; (2) pada rata-rata kedalaman 2,935 m dengan pH 6, besi 0,0022 mg/L dan kekeruhan 37,12 NTU; (3) pada rata-rata kedalaman 2,240 m dengan pH 5,8, besi 0,0021 mg/L dan kekeruhan 35,65 NTU; dan (4)pada rata-rata kedalaman 2,678 m dengan pH 5,7, kandungan besi 0,0011 mg/L dan kekeruhan 19,02 NTU. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat kecenderungan hubungan terbalik antara kualitas air dan muka air tanah dari segi kekeruhan. Hasil penelitian ditampilkan sebagai penunjang proses pembelajaran Fisika yakni pengembangan LKPD berbasis service learning materi Hukum Ohm penerapan pengukuran geolistrik yang berorientasi pada pengembangan reflective thinking dengan desain ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Kemampuan hasil belajar 21 siswa SMK kelas X-ATP (Agribisnis Tanaman Perkebunan) didapat dengan peningkatan hasil Ngain antara nilai pretest dan posttest sebesar 0,66 yakni berada dalam kategori sedang.Kata Kunci: Kualitas air; muka air tanah; PT Bio Nusantara Teknologi; pembelajaran fisika.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pendipa

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics

Description

PENDIPA Journal of Science Education is a peer-reviewed, open-access journal covered all aspect of science and science education. PENDIPA journal welcomes the submission of scientific articles related to mathematics, physics, chemistry, biology, and its educational implementation in a school, higher ...