JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Vol 1 No 2 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA

PEMAHAMAN PEMBELAJARAN WACANA MELALUI HUMOR TERHADAP MINAT BACA SISWA PADA SD IT SAKINAH AZ-ZAHRA JALAN LINTAS SIMPANG DOLOK DUSUN I DESA 4 NEGERI KECAMATAN 50 KABUPATEN BATU BARA

Juwita, Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pemahaman Pembelajaran Wacana Melalui Humor Terhadap Minat Baca Siswa Pada SD-IT Sakinah AZ-Zahra Jalan Lintas Simpang Dolok Dusun I Desa 4 Negeri Kecamatan 50 Kabupaten Batu Bara”. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis pemahaman  pembelajaran wacana melalui humor terhadap minat baca siswa di SD-IT Sakinah Az-Zahra Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara tahun pembelajaran 2015-2016, (2) Upaya meningkatkan minat baca siswa yang dilakukan guru melalui wacana humor  di SD-IT Sakinah Az-Zahra Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara tahun pembelajaran 2015-2016 dengan jumlah populasi sebanyak 60 siswa. Dari populasi tersebut diambil sampel 60 siswa pada SD-IT Sakinah AZ-Zahra Jalan Lintas Simpang Dolok Dusun I Desa 4 Negeri Kecamatan 50 Kabupaten Batu Bara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket yang diberikan kepada setiap responden. Data diproses dengan menggunakan SPSS versi 20.0 for windows. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata wacana humor siswa kelas V dan VI SD-IT Sakinah Az-Zahra Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara tahun pembelajaran 2015-2016 adalah 75,9 (tergolong baik). Sedangkan nilai rata-rata  minat baca siswa kelas V dan VI SD-IT Sakinah Az-Zahra Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara tahun pembelajaran 2015-2016 adalah 70,3 (tergolong sering). Berdasarkan hasil diketahui bahwa nilai rata-rata  minat baca siswa kelas SD-IT Sakinah Az-Zahra Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara tahun pembelajaran 2015-2016. Besarnya hubungan pembelajaran wacana melalui humor dengan minat baca siswa adalah 42,25% berada pada kreteria ada korelasi. Simpulan ini diambil berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dengan menemukan harga r hitung >  r table yaitu harga r hitung yang diperoleh sebesar 0,65. Sedangkan harga t table dengan jumlah sampel N = 60 dan tingkat kesalahan 5% sebesar 0,254. Korelasi antara variabel X dan Y berada pada kategori ada korelasi. Artinya pembelajaran wacana melalui humor terhadap siswa sangat dipengaruhi oleh minat baca.

Copyrights © 2016