JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Vol 1 No 2 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VII-2 SMP NEGERI 12 MEDAN TP 2015/2016

isma, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VII-2 melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT di SMP Negeri 12 Medan TP 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 12 Medan. Subjek penelitian adalah semua siswa kelas VII-2 SMP Negeri 12 Medan berjumlah 40 orang siswa yang terdiri dari 18 perempuan dan 22 laki-laki. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (team games tournament). Berdasarkan hasil penelitian dikatakan bahwa Melalui model pembelajaran TGT (team games tournament) dapat meningkat hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VII-2. Hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas VII-2 SMP Negeri 12 Medan TP 2015/2016 dapat ditingkatkan dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif  tipe TGT (team games tournement). Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian bahwa  ketuntasan belajar  sebesar 72,50% pada siklus I meningkat menjadi 90% pada siklus II. Nilai rata-rata kelas siklus I sebesar 74,22 meningkat menjadi 80,97 pada siklus II. Ketrampilan siswa meningkat dari 72,5% pada siklus I menjadi 92,5% pada siklus II. Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan ada peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VII-2 melalui model pembelajaran TGT (team games tournament).

Copyrights © 2016