Ejaan yang disempurnakan adalah aturan utama dalam menggunakan bahasa secara tepat, maka EYD harus benar-benar dapat dipergunakan sesuai dengan ketentuan dan sistem yang telah ditetapkan, sebab dalam penggunaan EYD dalam wacana bisa menimbulkan makna yang berbeda jika tidak sesuai dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan dan dapat menimbulkan makna ganda.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan mengambil populasi yang sekaligus menjadi sampelnya. Sampelnya adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 06 Medan yang berjumlah 20 siswa. Untuk pengambilan data diberikan tes yaitu dengan jumlah soal 20, masing-masing soal memiliki 1 jawaban. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menghitung nilai rata-rata siswa. Berdasarkan hasil dari penelitian analisis kesalahan EYD dalam wacana siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 06 Medan tahun ajaran 2016-2017 menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 06 Medan memiliki kemampuan âsangat baikâ. Hasil ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 81, sesuai dengan kategori penilaian untuk kualitatif memiliki kualifikasi âsangat baikâ. Berdasarkan nilai pada rentang 80-100.
Copyrights © 2017