Jurnal Edukasi Masyarakat
Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Edukasi Masyarakat (EDUMAS)

HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA KURSUS KOMPUTER DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) STICOM EL RAHMA JEMBER

Mutadim Wahyudi (Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember)
Arief Tukiman Hendrawijaya (Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember)
Deditiani Tri Indrianti (Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
25 May 2018

Abstract

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu kursus dan pelatihan ialah terletak pada penggunaan metodeyang digunakan. Ketepatan dalam memilih dan menggunakan metode pelatihan sangat berpengaruh terhadap motivasi belajarpada peserta kursus. Metode pada dasarnya dapat diartikan sebagai cara-cara yang perlu dipilih dan digunakan untukmengoptimalkan ketercapaian tujuan pembelajaran.Terdapat banyak macam metode dalam kursus dan pelatihan, salahsatunya adalah metode problem based learning (PBL), merupakan suatu pendekatan yang digunakan untuk merangsangberfikir tingkat tinggi dalam situasi yang terorientasi pada masalah dunia nyata. Namun yang perlu diketahui adalah adakahhubungan antara penerapan metode problem based learning dengan motivasi belajar peserta kursus komputer. Sehinggaperlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara penerapan metode problembased learning dengan motivasi belajar peserta kursus komputer. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasionaldengan pendekatan kuantitatif, tekhnik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan kepustakaan. Danselanjutnya dianalisis menggunakan rumus korelasi Tata jenjang. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa r hitung >r tabel, yakni 0,940 > 0,591, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara penerapan metode problem basedlearning dengan motivasi belajar peserta kursus komputer di Lembaga kursus dan Pelatihan Sticom El Rahma Jember.Selanjutnya sebagai saran supaya metode problem based learning ini dapat dipertahankan dan dikembangkan serta dimenejemen yang lebih baik lagi untuk kedepanya.

Copyrights © 2018