Indonesian Journal of Primary Education
Vol 2, No 1 (2018): Indonesian Journal of Primary Education

Pengaruh Concept-Rich Instruction terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Math Anxiety

Kusmayanti, Intan (Unknown)
Sumantri, M Syarif (Unknown)
Noornia, Anton (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Concept-Rich Instruction terhadap kemampuan pemahaman matematis ditinjau dari math anxiety siswa sekolah dasar. Penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Sindangkasih dengan sampel siswa  kelas III A dan III B 45 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas III C dan III D dengan sampel siswa 45 orang sebagai kelas kontrol yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2017/2018. Penelitian menggunakan treatment by level 2 x 2. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan concept-rich instruction dengan siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional; (2) terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan math anxiety terhadap kemampuan pemahaman matematis; (3) kemampuan pemahaman matematis siswa dengan tingkat math anxiety rendah yang belajar menggunakan pendekatan pembelajaran concept-rich instruction lebih tinggi daripada yang belajar menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional; (4) kemampuan pemahaman matematis siswa dengan tingkat math anxiety tinggi yang belajar menggunakan pendekatan pembelajaran concept-rich instruction lebih rendah daripada yang belajar menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

IJPE

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal of Primary Education adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan dasar dan pendidikan guru sekolah dasar. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, ...