TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 1, No 3 (2018): TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Peranan organisasi pembelajaran dalam mengoptimalkan inovasi guru

Widodo, Widodo (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2018

Abstract

Inovasi guru merupakan tindakan guru yang diarahkan untuk menghasilkan, memperkenalkan atau mengaplikasikan temuan baru berupa ide maupun solusi yang menguntungkan organisasi, yang bersumber dari eksplorasi peluang, generativitas, investigasi informatif,  memperjuangkan, dan aplikasi.  Rendahnya inovasi di kalangan guru bukan tanpa sebab. Salah satu diantaranya yang cukup penting adalah organisasi pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis peranan organisasi pembelajaran dalam mengoptimalkan inovasif guru. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui kajian pustaka dan dianalisis secara deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi guru sangat diperlukan dalam proses pembelajaran sehingga sekolah perlu mengoptimalkan inovasi guru melalui revitalisasi organisasi pembelajaran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

teraputik

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

TERAPUTIK Jurnal Bimbingan dan Konseling (ISSN 2580-2054 for electronic version and ISSN 2580-2046 for print version) First published in June 2017 is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with research, theory development, or ...