KHOZANA: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Islam
Vol. 1 No. 1 (Januari 2018)

STRATEGI PEMASARAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PEDAGANG DI PASAR TRADISIONAL)

Jasman, Jasman (Unknown)
Agustin, Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran di pasar tradisonal raman utara dan untuk mengetahui pemasaran dalam persepektif ekonomi Islam serta untuk mengetahui alasan pedagang melakukan dugaan penyimpangan dalam setrategi pemasaran. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan Peneliti menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Dalam setrategi produk ada yang melakukan penipuan dengan menyembunyikan cacat barang. Dalam setrategi tempat yaitu berlokasi didalam pasar tradisional raman utara dan adanya perebutan konsumen. Dalam setrategi harga ada yang menaikan harga pada situasi tertentu seperti pada saat musim hajatan dan lebaran. Dalam setrategi promosi ada yang melakukan reklame palsu, pedagang memuji-muji daganganya secara berlebihan serta menggunakan kata-kata sumpah. Kemudian berkaitan dengan persepektif ekonomi Islam di pasar tradisional raman utara yaitu ada yang sesuai dengan ekonomi Islam dalam hal bertindak jujur dan benar,amanah,dan murah hati. Dan ada juga yang tidak sesuai dengan ekonomi Islam seperti mengurangi timbangan,menyembunyikan cacat barang, sumpah palsu dan reklame palsu.   Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Ekonomi Islam, Studi Kasus Pedagang Pasar Tradisional.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

khozana

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL KHOZANA adalah jurnal berkala Ilmiah yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam Darusalam. Jurnal Khozana memuat artikel hasil penelitian maupun artikel konseptual (baik kualitatif lapangan atau kualitatif pustaka) dengan fokus kajian di bidang “Ekonomi dan ...