Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE)
Vol 1 No 1 (2018): Maret 2018, Number 1, Volume 1

Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak dengan Pembelajaran Menggambar Menggunakan Program Paint Pada Anak Kelompok A Di TK Negeri Pembina Semarang

Faizah, Nur (Unknown)
Mangiri, Herry Sulendro (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2018

Abstract

mampuan motorik halus selama pembalajaran di PAUD masih mengguanakan cara-cara yang konvensional dan kurang menarik minat siswa untuk belajar. Dengan berkembangnya teknologi maka cara konvesioanl di rubah dengan memanfaatkan media teknologi informasi berupa program Paint dengan peralatan pendukung komputer. Dari hasil penelitian dalam upaya meningkatkan kemampuan motorik halus diperoleh data dalam observasi dan analisa yang telah dilakukan, diperoleh hasil yaitu: Pada kondisi awal diperoleh hasil observasi terhadap aktifitas anak yang belum berkembang sebesar 42,10 % sedangkan yang mulai berkembang sebesar 7,8 %, ini menunjukkan bahwa pada kegiatan menggambar kondisi awal belum menunjukkan adanya minat dan daya tarik anak-anak sehingga diperlukan adanya perbaikan untuk dapat memperoleh hasil yang optimal. Perbaikan yang harus dilakukan harus menyeluruh, baik kinerja guru maupun aktifitas anak. Dari hasil perbaikan pada siklus I terhadap penelitian aktifitas anak sebesar 56,6 % sedangkan pada kinerja guru sebesar 66,6 % dan siklus II pada kinerja guru diperoleh hasil sebesar 85,41 % dan pada aktifitas anak sebesar 90 % artinya  adanya kenaikan sebesar 18,81 % dari siklus I dan siklus II yang menunjukkan bahwa pembelajaran menggambar dengan menggunakan program paint diperoleh hasil yang signifikan dan dapat dinyatakan berhasil dengan baik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sece

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Studies in Early Childhood Education publishes research articles, reports field studies, the best practices and policies of early childhood learning, spesical need, and non-formal studies in national and international issues in educational research published online ( p-ISSN : 2615-5397 ...