Seminar Nasional FISIP Unila
2017: PROSIDING SEMINAR FISIP UNILA 2

ANALISIS BERITA DONALD TRUMP DALAM KAMPAYE RASISME DI CNN INDONESIA PERIODE OKTOBER 2016-FEBRUARI 2017 (Model Analisis Framing Robert N. Entman)

Wiratama, Muhammad Hafiz (Unknown)
Laras Ati, Henny Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2017

Abstract

Kampanye Donald Trump sebagai kandidat presiden Amerika Serikat menimbulkan polemik khususnya terkait rasisme. Trump sempat mengatakan bahwa jika dirinya terpilih menjadi presiden Amerika, maka ia akan melarang umat muslim datang ke Amerika, Trump juga menghina imigran asal Meksiko. Peristiwa tersebut turut mendapat perhatian dari berbagai media.Khususnya CNN Indonesia merupakan media yang menyajikan pemberitaan tersebut dari sudut pandang yang berbeda. Berdasarkan penjabaran di atas, maka peneliti memunculkan pertanyaan, yaitu bagaimana kognisi sosial wartawan CNN dalam mewacanakan berita pernyataan kampanye rasis Donald Trump. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan berlandaskan paradigma kritis. Paradigma kritis memandang media sebagai alat untuk menyebarkan ideologi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian dalam penelitan ini adalah metode penelitian analisis framing. Framing adalah metode untuk melihat cara bercerita media atas peristiwa. Cara Analisis framing dapat digunakan untuk mengetahui bagaimana realitas dikonstruksi oleh media. Wartawan memutuskan apa yang akan ia beritakan, apa yang diliput dan apa yang harus dibuang, apa yang ditonjolkan dan apa yang harus disembunyikan kepada khalayak. Hasil penelitian menunjukkan teori konstruksi realitas media, CNN Indonesia terlihat membangun konstruksi yang mendekati realitas sebenarnya. Dalam tahap pembentukan konstruksi realitas, CNN Indonesia mengarah pada realitas pembenaran, CNN Indonesia memberikan informasi sesuai fakta yang ada dalam memberitakan kasus kampanye Donald Trump bernadakan rasisme dan islamophobia. CNN Indonesia lebih mengarahkan realitas sebenarnya yang sesuai dengan fakta terjadi di saat pemilihan atau masa kampanye pemilihan presiden AS. Ini merupakan konstruksi sosial realitas. Kata Kunci : Rasisme, Kampanye, Analisis FrammingRobert N. Entman

Copyrights © 2017