Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran public relations dalam membangun
citra Perusahaan Listrik Negara cabang Kota Bandar Lampung. Penelitian ini
mengunakan metode deskriptif kuantitatif dengan mengambil 100 sampel pelanggan
Perusahaan Listrik Negara di Bandar Lampung.
Berdasarkan Hasil penelitian diketahui bahwa PLN cabang Bandar Lampungsebagai
perusahaan berskala nasional yang bergerak dalam pelayanan dan jasa berusaha
memenuhi kebutuhan listrik masyarakat dengan lebih baik. Tapi pada kenyataannya,
masih terdapat kendala yang dilatarbelakangi oleh kurangnya pasokan listrik, terutama
pada saat kemarau. Berdasarkan analisis yang dilaksanakan peneliti, bahwa peranan
Public relations PLN cabang kota Bandar Lampung mampu meningkatkan citra
perusahaan dengan memberikan pelayanan yang profesional. Berdasarkan teori
Model/Citra dikatakan bahwa citra itu merupakan serangkaian pengetahuan, pengertian
dan perilaku komunikasi yang terekam dalam pengalaman, emosi, dan penilaian yang
diorganisasikan oleh individu sehingga dapat diyakini kebenarannya.
Public relations PLN cabang Bandar Lampung memiliki tugas dan peran penting dalam
membina hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan pihak internal maupun
eksternal. Dengan pihak internal perusahaan diharapkan mampu membangun suatu
kerjasama dan menciptakan atmosfir di lingkungan karyawan yang kondusif. Sedang
dengan pihak internal perusahaan diharapkan dapat memberikan pelayanan yang
optimal dan mampu berfungsi membagun komunikasi sehingga tercipta jembatan
penghubung yang kokoh antara perusahaan dengan masyarakat sebagai konsumen.
Key words:, public relations, citra
Copyrights © 0000