PROSIDING KOMUNIKASI
PROSIDING : AKSELERSI PEMBANGUNAN MASYARAKAT LOKAL MELALUI KOMUNIKASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI (BUKU

APRESIASI ORANGTUA SISWA TERHADAP PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH

Rohanda, Rohanda (Unknown)
Rachmawati, Tine Silviana (Unknown)
Winoto, Yunus (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2017

Abstract

Pendidikan memegang peranan sentral dalam pembangunan bangsa dan negara karena melalui pendidikan kecerdasan, kemampuan bahkan watak bangsa di masa akan datang banyak ditentukan. Pendidikan berperan sebagai dasar dalam membentuk kualitas manusia yang mempunyai daya saing dan kemampuan dalam menyerap teknologi yang akan dapat meningkatkan produktivitas. Berbicara tentang pendidikan, terungkap bahwa praktik-praktik pembelajaran yang dilaksanakan oleh para guru di sekolah di Indonesia belum memberikan dampak terhadap perkembangan pembelajaran dan pendidikan Guru memiliki peran penting dalam merangsang siswa untuk belajar, sehingga dalam melaksanakan pembelajaran, Guru harus menggunakan pendekatan yang komprehensif serta progresif sehingga guru bisa memotivasi rasa ingin tahu siswa dan memicu mereka untuk berpikir kritis. Mengingat masih rendahnya minat baca di kalangan masyarakat kita khususnya para siswa, maka perlu adanya terobosan dalam membangun minat dan kebiasaan membaca di kalangan para siswa. Adapun salah satu upaya yang dilakukan pihak pemerintah untuk menumbuhkan minat baca di kalangan para siswa sekolah adalah melalui sebuah program yang disebut gerakan literasi sekolah (GLS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif dengan jenis penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah para orangtua siswa SLTP dan SLTA yang ada di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat (KBB). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, wawancara serta melalui studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa apresiasi orangtua terhadap pelaksanaan program gerakan literasi sekolah (GLS) dilihat dari aspek pengetahuan (kognitif), emosional (emotif) dan penilaian (evaluatif) berada dalam kategori antara lebih dari cukup. Hal ini mengambarkan bahwa program gerakan literasi sekolah (GLS) mendapatkan apresiasi yang baik dari para orang tua siswa yang ada di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat (KBB) Provinsi Jawa Barat. Kata Kunci : Gerakan Literasi Informasi, Literasi Informasi, Orang tua siswa, Minat baca.

Copyrights © 0000