Jurnal Elementaria Edukasia
Vol 1, No 1 (2018)

METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 263 RANCALOA KOTA BANDUNG

Hedriani Hedriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode bermain peran di kelas V SD Negeri 263 Rancaloa Kecamatan Rancasari Kota Bandung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 263 Rancasari yang berjumlah 35 peserta didik. Objek penelitian adalah keterampilan berbicara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Tindakan pembelajaran siklus I peserta didik bermain peran berdasarkan naskah percakapan. Tindakan bermain peran siklus II berdasarkan naskah drama. Siklus II lebih difokuskan pada Pembelajaran keterampilan berbicara melalui metode bermain peran menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara peserta didik. Peningkatan ditunjukkan dengan hasil nilai belajar  keterampilan berbicara peserta didik. Peningkatan yang terjadi yaitu, rata-rata nilai evaluasi siklus II sebesar 81,5 dengan persentase ketuntasan sebesar 88%. Kata kunci: Metode Bermain peran, hasil belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jee

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Elementaria Edukasia is Indonesian Journal of Elementary Education. This Journal is published by Elementary Teacher Education Program, Majalengka University, twice a year in April and October. This Journal have been registered number p-ISSN 2615-4625 (Print) and e-ISSN 2655-0857 (Online). ...