Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol 2, No 1 (2017): JURNAL EDUCATIO

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TACTICAL GAME TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Nurhayati, Maya (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2018

Abstract

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TACTICAL GAME TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA  Maya NurhayatiPENJAS FKIP Universitas Majalengka Email mnurhayati388@gmail.com   Abstrak : Permasalahan yang menjadi acauan dalam penelitian ini adalah penguasaan teknis dasar passing bawah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Panyingkiran masih belum memenuhi standar, hal ini diakibatkan oleh model pembelajaran yang diterapkannya kurang cocok, sehingga menimbulkan kejenuhan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Untuk itu perlu menerapkan model pembelajaran yang bisa mengeliminasi kejenuhan tersebut. yaitu dengan mengimplementasikan model pembelajaran tactical game. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain pre test and posttest control group design, yaitu dengan membagi sampel kedalam dua kelompok yaitu kelompok yang diberikan perlakuan model pembelajaran tactical game dan kelompok kontrol yaitu sebagai kelompok pembanding yang diberikan model pembelajaran konvensional/teknik. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Panyingkiran Kabupaten Majalengka. Sampel yang diambil sebanyak 20 orang dengan teknik random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah tes passing bawah. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS melalui uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesisi menggunakan uji paired sample t tes dan independent sample t tes. Berdasarkan uji paired sampel t tes kelompok model pembelajaran tactical game didapatkan nilai t hitung sebesar 7,221 dan nilai sig yang diperoleh 0,000. Untuk kelompok model pembelajaran teknik  didapatkan nilai t hitung sebesar 4,491 dan nilai sig yang diperoleh 0,002 sedangkan nilai t tabel pada df (n-1) 1,8125. Oleh karena nilai t hitung kedua kelompok tersebut di atas nilai t tabel dan nilai sig. dibawah 0,05 maka bisa diartikan bahwa kedua kelompok tersebut mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar passing bawah. Kata Kunci :  Model  Pembelajaran Tactical Game dan Passing Bawah 

Copyrights © 2017