Telematika
Vol 11, No 2: Agustus (2018)

PENENTUAN PREDIKSI STOK MOBIL DENGAN PENDEKATAN KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE MOORA

Henny Indriyawati (Universitas Semarang)
Saifur Rohman Cholil (Universitas Semarang)
Victor Gayuh Utomo (Universitas Semarang)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2018

Abstract

PT. New Ratna Motor adalah perusahaan bergerak dibidang otomotif yang  menangani penjualan mobil merk Toyota dan penjualan spare part. Data penjualan dan stok mobil yang ada tidak seimbang, antara mobil yang masuk dengan penjualan mobil lebih besar mobil yang masuk sehingga terjadi penumpukan stok jumlah mobil yang mengakibatkan kerugian yang meliputi pajak berjalan yang harus dibayar perusahaan, menumpuknya jumlah tipe mobil tertentu dan pengeluaran sewa parkir mobil. Metode MOORA akan diterapkan sebagai metode dalam penentuan perangkingan jenis mobil yang harus di stok oleh perusahaan yang juga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, jika pelanggan puas dengan salah satu tipe/jenis mobil tertentu dan cepat mendapatkan unit tersebut, kemungkinan pelanggan akan membeli produk tersebut. Hasil akhir pada penelitian ini adalah model aplikasi pendukung keputusan untuk penentuan prediksi stok mobil dengan pendekatan kepuasan pelanggan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

TELEMATIKA

Publisher

Subject

Education

Description

Jl. Letjend Pol. Soemarto No.126, Watumas, Purwanegara, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ...