Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika)
Vol 1 No 2 (2018): Vol. 1 No. 2 (Juli) 2018

Peningkatan keterampilan berfikir kritis melalui model problem based learning berbantuan audio visual pada siswa kelas IV SD

Vera, Kresensia (Unknown)
Wardani, Krisma Widi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2018

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis melalui model PBL berbantuan audio visual pada siswa kelas 4 SDN Salatiga 01. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan prosedur perencanaan, tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, soal tes dan angket. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan model PBL berbantuan audio visual dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa. Pada siklus I meningkat menjadi 18 orang siswa mencapai kategori kritis dengan persentase 42,85%, sedangkan 20 orang siswa mencapai kategori cukup kritis dengan persentase 47,61%. Selanjutnya 2 orang siswa mencapai kategori sangat kritis dengan persentase 4,76%, dan 2 orang siswa mencapai kategori sangat tidak kritis dengan persentase 4,76%. Pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan yaitu 5 orang siswa yang mencapai kategori sangat kritis dengan persentase 11,90%. Sedangkan ada 37 orang siswa yang mencapai kategori kritis dengan persentase 88,09%.  Kata Kunci :    Abstract: The purpose of this research is to improve critical thinking skill through the model of Problem Based Learning which helped with visual audio to students in grade 4 at the 01 Public Elementary School in Salatiga, the type of this research is Class Action Research (CAR), using procedure of planning, action, implementation of the action and observation and then reflection. The instrument of the data collection is using observation sheets, the questions of the test and questionnaires. Based on the results of the research was found that the use of problem based learning model with visual audio to improve students critical thinking skills. At the first cycle increased to 18 students reached the critical category with the percentage of 42.85%, where as 20 students reached the category critical enough with the percentage of 47.61%. After that 2 students reach the category very critical with the percentage of 4.76%, and 2 students reach the category which is not very critical with the percentage 4.76%. In the second cycle there was a significant increase of 5 students who reached the category very critical with the percentage of 11.90%. Even though there are 37 students who reached the critical category with the percentage of 88,09%. Keywords: Critical Thinking Skills, Audio Visual, Model PBL

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jartika

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA | ISSN 2622-2159 (Online) | ISSN 2622-4763 (Print) )adalah Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengembangan Kependidikan diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram bekerjasama dengan UNW Mataram, UIN Mataram, dan UM Mataram. ...