Technomedia Journal
Vol 1 No 1 Agustus (2016): Technomedia Journal

Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi

Muhamad Yusup (Perguruan Tinggi Raharja)
Qurotul Aini (Perguruan Tinggi Raharja)
Komala Dwi Pertiwi (Perguruan Tinggi Raharja)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2016

Abstract

Dalam proses belajar mengajar, diperlukannya konten materi sebagai bahan ajar perkuliahan. Konten materi tersebut tentunya harus jelas dan mudah dipahami supaya mahasiswa dapat mengerti konten materi yang dipelajari itu. Materi yang dijelaskan pun bentuk atau formatnya bisa berupa format slide materi dengan menggunakan power point atau drive serta berupa format media video pembelajaran. Media yang biasa digunakan untuk memperlancar komunikasi proses belajar mengajar disebut dengan media pembelajaran. Namun masih kurang optimalnya dalam proses video pembelajaran tersebut. Dalam melakukan penelitian ini didapatkan 3 permasalahan yang terjadi. Hal yang diterapkan ini merupakan pembuatan video pembelajaran sebagai penyajian informasi serta merupakan inovasi pembelajaran kelas sistem operasi pada program iLearning plus. Serta dibuatnya gaya kerangka pemikiran dalam penelitian yang digunakan untuk model penelitian korelasi. Untuk hal ini dilakukan 10 literature review perihal media audio visual menggunakan videoscribe di setiap universitas, sekolah atau pendidikan lainnya. Diimplementasikan video pembelajaran pada kelas sistem operasi program iLearning Plus. Setelah adanya video pembelajaran berupa media audio visual sebagai penyajian informasi pembelajaran serta mempermudah mahasiswa untuk memahami dan mendalami materi yang telah disampaikan. Kata kunci: Videoscribe, Media Audio Visual, Video Pembelajaran In the process of teaching and learning, the need for creative content as lectures teaching materials. The creative content must be clear and easy to understand so that students can understand the content of the materials studied. The material described any form or format can be in the form of a slide format material using a power point or drive as well as the form of instructional video media formats. Media used to facilitate communication with the teaching and learning process called learning media. But still less than optimal in the process of learning videos. In conducting this study, the three problems that occur. It is applied is an instructional video creation as the presentation of information and increase the effectiveness of classroom learning operating system on program iLearning plus. As well as the style made in the research framework used to model the correlation study. For this was done 10 literature review concerning the audio-visual media using videoscribe in every university, school or othereducation. Implemented instructional video in class operating system program iLearning Plus. After the video lessons in the form of audio-visual media is expected to increase the effectiveness of learning and easier for students to understand and explore the material that was submitted. Keywords: Videoscribe, Media Audio Visual, Video Learning

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

TMJ

Publisher

Subject

Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Technomedia Journal (TMJ) adalah jurnal yang didedikasikan untuk pertukaran hasil penelitian berkualitas tinggi di semua aspek Informatika, Teknologi Informasi, dan Ilmu Data. TMJ ini merupakan bagian dari Pandawan Sejahtera Indonesia, serta didukung oleh Alphabet Incubator yang merupakan diseminasi ...