Jurnal Riset Akuakultur
Vol 6, No 3 (2011): (Desember 2011)

DISTRIBUSI SPASIAL KARAKTERISTIK TANAH TAMBAK DI KABUPATEN PANGKEP PROVINSI SULAWESI SELATAN

Rachmansyah Rachmansyah (Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau Jl. Makmur Dg. Sitakka No. 129, Maros 90512, Sulawesi Selatan)
Akhmad Mustafa (Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau Jl. Makmur Dg. Sitakka No. 129, Maros 90512, Sulawesi Selatan)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2011

Abstract

Identifikasi distribusi spasial karakteristik tanah memiliki peran penting dalam sistem bio-lingkungan termasuk lingkungan tambak, sehingga dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui distribusi spasial karakteristik tanah tambak di Kabupaten Pangkep Provinsi Sulawesi Selatan. Penentuan titik pengukuran dan pengambilan contoh tanah secara acak sederhana pada 110 titik dan masing-masing pada dua kedalaman tanah yang berbeda yaitu 0-0,2 dan 0,2-0,4 m. Sebanyak 21 karakteristik tanah diukur di lapangan dan dianalisis di laboratorium. Geostatistik dengan metode Kriging dalam Program ArcGIS 9.3 digunakan dalam interpolasi terhadap data tanah yang ada. Distribusi spasial karakteristik tanah ditampilkan dengan memanfaatkan citra ALOS AVNIR-2 akusisi 21 Juli 2008. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum  karakteristik tanah tambak di Kabupaten Pangkep tergolong memiliki variabilitas tinggi atau relatif heterogen dengan nilai koefisien variasi yang melebihi 36%. Karakteristik tanah yang menunjukkan kemasaman tanah memiliki pola distribusi spasial yang relatif sama dan demikian juga halnya dengan karakteristik tanah yang menunjukkan kandungan unsur hara tanah juga memiliki pola distribusi spasial yang relatif sama. Derajat kemasaman tanah yang tinggi serta kandungan bahan organik dan N-Total tanah yang tinggi dan sebaliknya kandungan PO4 dan fraksi liat yang rendah secara umum dijumpai di Kecamatan Minasa Te’ne, Pangkajene, Bungoro, Labakkang, dan Ma’rang. Disarankan agar pengelolaan tanah yang dilakukan di tambak Kabupaten Pangkep disesuaikan dengan karakteristik tanahnya yang tergambar secara jelas pada pola distribusi spasial dari masing-masing karakteristik tanah.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

jra

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Environmental Science

Description

Jurnal Riset Akuakultur as source of information in the form of the results of research and scientific review (review) in the field of various aquaculture disciplines include genetics and reproduction, biotechnology, nutrition and feed, fish health and the environment, and land resources in ...