Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Vol 2, No 1 (2017): Februari 2017

Peran Celebgram Endorser Dalam Proses Pengambilan Keputusan Membeli Pakaian Wanita Di Instagram Pada Mahasiswi Universitas Syiah Kuala

Maulidar Maulidar (Unknown)
Ade Irma (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2017

Abstract

ABSTRAK - Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran celebgram endorser di Instagram dalam proses pengambilan keputusan membeli. Penelitian ini menggunakan teori Hierarchy of Effect Model. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik wawancara dengan mahasiswi Unsyiah, observasi terhadap akun celebgram endorser, dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran celebgram endorser berpengaruh dalam proses pengambilan keputusan membeli di Instagram pada mahasiswi Universitas Syiah Kuala. Celebgram endorser berperan dalam setiap urutan proses pengambilan keputusan yang terjadi pada konsumen. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa peran yang dilakukan celebgram endorser yaitu memberikan kesaksian (testimonial), memberikan penggunaan atau dorongan (endorsement) dan sebagai aktor dalam iklan. Satu peran yang tidak dilakukan oleh celebgram endorser yaitu sebagai juru bicara perusahaan dalam melakukan media relation. Kata Kunci: Peran, Celebgram Endorser, Instagram. ABSTRACT - The aim of this research was to obtain the information about how the celebgram endorser in Instagram influences the process of buying decision. This research used the theory of Hierarchy of Effect Mode. Descriptive qualitative was the method used in this study. The subject research was choosen by using the purposive technique sampling. The data collection was conducted by using interview technique with the Unsyiahfemale students, observation towards celebgram endorser accounts, and documentation regarding the research. The result of research shows the role of celebgram endorse was influential in decision-making process to buy women’s clothing in instagram on college students at Syiah Kuala University. Celebgram endorse has a role in every steps decision-making process on consumer. The result of research also shows the role of celebgram endorse are: give a testimonials, give a endorsement and as an actor in advertising. A role aren’t done by celebgram endorse are: as a talk interpreter companies in doing the media relations. Keyword: Role, Celebgram Endorser, Instagram

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

FISIP

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

JIMFISIP menerbitkan artikel ilmiah mahasiswa dari delapan Program Studi, yaitu Prodi Sosiologi, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Ilmu Politik dan Prodi Ilmu Pemerintahan. JIMFP terbit satu volume dan empat nomor dalam setahun, yaitu bulan Februari, Mei, Agustus dan ...