Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi
Vol 7, No 1 (2017): Bioeduin Februari

PERBANDINGAN PROFIL BERTANYA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUICK ON THE DRAW DAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SUB MATERI EKOSISTEM (Penelitian Deskriptif pada Siswa KelasVII SMP N 3 Pangandaran)

idad suhada (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
sumiyati sa'adah (UIN SUnan Gunung Djati Bandung)
Nina novia (UIN SUnan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini berawal dari observasi di SMPN 3 Pangandaran yang memperoleh databahwa kemampuan bertanya siswa kelas VII masih kurang. Menggunakan model quick on thedraw dan model picture and picture karena model pembelajaran ini mempunyai kelebihanmampu membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan bertanya melalui gambar yangakan membantu siswa untuk mendapatkan pertanyaan.Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui keterlaksanaan pembelajaran, menganalisis pertanyaan siswa melalui model quickon the draw dan model picture and picture pada sub materi ekosistem.Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif. Penelitian dilaksanakan di kelas VII SMPN3 Pangandaran.Instrument yang digunakan berupa lembar observasi untuk mencatatpertanyaan – pertanyaan yang diajukan oleh siswa.Hasil analisis observasi aktivitaspembelajaran guru dengan menggunakan model quick on the draw mendapat nilai rata – rata9,07% sedangkan dengan menggunakan model picture and picture mendapatkan nilai 92,7%dan aktivitas pembelajaran siswa dengan menggunakan model quick on the draw mendapatnilai rata – rata 81,7% sedangkan dengan model picture and picture 87%. Pertanyaan siswasecara tertulis dengan model quick on the draw menunjukan presentase C1: 30,97%, C2:55,76%, C3: 13,25%,C4: 0% sedangkan dengan model picture and picture menunjukkanpresentase C1: 33,51%, C2: 53,07%, C3: 13,40%, dan C4: 0%. Dan berdasarkan pertanyaantertutup dan terbuka dengan menggunakan model quick on the draw memperoleh terbuka61,95% tertutup 38,04%, sedangkan dengan model picture and picture terbuka 56,98%tertutup 43,01%. Jadi pertanyaan yang paling banyak muncul yaitu pada jenjang kognitif C2(pemahaman). Dan perbandingan dilihat dari banyaknya soal yaitu lebih banyak pada modelPicture and Picture.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

bioeduin

Publisher

Subject

Education

Description

Bioeduin is scientific journal which managed by Biology Education Department Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati bandung. This journal publish in print version (p-ISSN:2338-7173) since 2013 and online version (e-ISSN:2615-0417) since 2018. Bioeduin focus on biology ...