JURNAL SEKOLAH
Vol 1, No 2 (2017): Maret 2017

PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD

Surya, Yenni Fitra (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2017

Abstract

Abstrak : Penerapan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV dengan pendekatan problem solving. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 002 Langgini. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan pendekatan problem solving pada setiap siklus dapat terlihat dari nilai rata-rata 70,1 dengan presentase ketuntasan 71% pada siklus I dan nilai rata-rata 83,1 dengan presentase ketuntasan 93% pada siklus II.Kata Kunci : Pendekatan Problem Solving, Hasil Belajar, IPA

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

js

Publisher

Subject

Education

Description

JS (Jurnal Sekolah) memuat artikel yang berkaitan dengan hasil penelitian, pendidikan, pembelajaran, ilmu pengetahuan, budaya, teknologi, bahasa, seni, sosial, dan pengabdian masyarakat. Jurnal ini dikelola oleh Prodi PGSD dan terbit empat kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret, Juni, September ...