Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika)
2016: Prosiding SNPF II 2016 "Peran Ilmuwan dan Pendidikan Fisika dalam Menghadapi MEA"

Pengaruh Thought Experiments Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA

Ahmad Kunari Limantoro (Universitas Negeri Malang)
Muhardjito Muhardjito (Universitas Negeri Malang)
Nandang Mufti (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2016

Abstract

Pemahaman konsep fisika siswa SMA masih rendah, sehingga strategi pembelajaran yang tepat diperlukan untuk mengoptimalkan pemahaman konsep fisika. Thought experiments dirancang dengan tujuan untuk mengoptimalkan pemahaman konsep fisika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan pemahaman konsep kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan thought experiment dan kelompok siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.Desain peneilitan ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan posttest only control group design.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep kelompok siswa yang belajar menggunakan thought experiments lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2016