PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA
2018: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN 5 MEI 2018

PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Siska Utari, Rahma ( Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sjakyakirti Palembang)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2018

Abstract

Abstract— One of the pedagogic competence of teachers was to utilize information and communication technology for learning purposes, such as making computer-based learning media. This study aimed to produce a product in the form of a visual and audio mathematics video made by FKIP students. The learning model used was Project Based Learning, where students worked in group completing the learning video project using windows live movie maker software within a period of one month. This research was a qualitative descriptive research, which focused on process and product assessment. Assessment process seen from the periodical report and self assessment and product assessment viewed from oral presentation, peer review (assessment), and final report. The final product in the form of a learning video presented in the presentation already contained the concepts and problems of mathematics and how to solve it. In addition to supporting students to creativity to solve mathematics problems in everyday life by learning video, this research was also an innovation in learning mathematics. Keywords— Project based learning, learning media, learning video, windows live movie maker  Abstrak— Salah satu kompetensi pedagogik guru adalah dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran, seperti pembuatan media pembelajaran berbasis komputer. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa video pembelajaran matematika berbasis audio visual yang dibuat oleh mahasiswa FKIP sebagai calon guru pada mata kuliah media pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan adalah Project Based Learning, dimana mahasiswa bekerja dalam kelompok menyelesaikan proyek video pembelajaran menggunakan software windows live movie maker dalam kurun waktu satu bulan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang berfokus pada penilaian proses dan produk. Penilaian proses dilihat dari laporan bertahap dan self assesment serta penilaian produk dilihat dari presentasi produk, peer  review (assessment), dan laporan akhir. Produk akhir berupa video pembelajaran yang ditampilkan dalam presentasi sudah mengandung konsep-konsep dan permasalahan matematika serta cara penyelesaiannya. Selain mendukung mahasiswa untuk berkreativitas menuangkan permasalahan matematika dikehidupan sehari-hari dalam bentuk video pembelajaran, penelitian ini juga merupakan inovasi dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci— Project based learning, media pembelajaran, video pembelajaran, windows live movie maker.

Copyrights © 2018