Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol 1, No 1 (2018): Tunas Cendekia

Meningkatkan Kemampuan Apresiasi Seni Tari Anak Melalui Tari Kreasi

Nur Rahmah (PIAUD IAIN Palopo)
Lismawati Lismawati (PIAUD IAIN Palopo)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2018

Abstract

Motif penelitian ini yaitu adanya sebuah masalah di dalam pembelajaran seni tari dimana banyak siswa yang lemah dalam apresiasi seni tari. Sehubungan dengan itu, penelitian ini dilakukan agar guru mampu meningkatkan kemampuan apresiasi seni tari melalui penerapan Tari Kreasi di sekolah. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas I SDN 480 Maddenuang dengan jumlah 17 orang. Pada pelaksanaannya, peningkatan kemampuan apresiasi seni tari ini dilakukan melalui 4 langkah antaralain perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Proses penilaian pada tahapan tersebut dilakukan dengan melaksanakan tes pada pertemuan ke III setiap siklus untuk melihat peningkatan kemampuan apresiasi seni tari siswa dan keaktifan siswa melalui kegiatan observasi saat tindakan sedang berlangsung. Oleh karena itu, didapatkan hasil bahwa terdapat peningkatkan skor apresiasi seni siswa dimana pada siklus I yang hanya 66 atau prosentase ketuntasan klasikal sekitar 68% dapat meningkat menjadi 78 dengan prosentase ketuntasan klasikal yang mampu mencapai 100%. Dengan kata lain, kemampuan apresiasi seni tari dapat ditingkatkan melalui penerapan Tari Kreasi pada siswa kelas I SDN 480 Maddenuang.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

tunascendekia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Tunas Cendekia is a journal of early childhood Islamic education study programs at the Palopo State Islamic Religion Institute which collects articles and research about early childhood education and articles in the field of development and potential progress of students. The Tunas Cendekia ...