Majalah Ekonomi
Vol 21 No 2 Desember (2016)

ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN INTELLECTUAL CAPITAL PADA OFFICIAL WEBSITE PERUSAHAAN JASA KEUANGAN YANG GO PUBLIK

rina fariana (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2016

Abstract

ABSTRAK Intellectual Capital dinilai sebagai faktor penting bagi keunggulan bersaing dan kesuksesan perusahaan. Intellectual capital merupakan sumber inovasi yang yang tercipta melalui proses pembelajaran secara kontinyu. Kesadaran perusahaan akan pentingnya pengungkapan intellectual capital dipengaruhi oleh adanya keterkaitan antara peningkatan keuntungan perusahaan dengan intellectual capital. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi luasnya pengungkapan intellectual capital. Salah satu faktor yang dinilai dapat mempengaruhi tingkat pengungkapan intellectual capital adalah karakteristik perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik perusahaan terhadap tingkat pengungkapan intellectual capital dalam official website. Objek penelitian adalah perusahaan jasa keuangan yang go publik dan memiliki official website. Karakteristik perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini meliputi umur listing, ukuran perusahaan (size) dan status perusahaan. Sedangkan untuk melihat tingkat pengungkapan intellectual capital digunakan 28 item indeks pengungkapan yang digolongkan ke dalam 3 kategori (human capital, structural capital dan relational capital). Indeks ini mengadopsi skema yang dikembangkan oleh Guthrie and Petty (2000). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah purposive sampling, dimana semua populasi sebagai sampel penelitian yaitu sebanyak 78 perusahaan jasa keuangan yang go publik. Sedangkan analisis penelitian menggunakan regresi linier berganda. Kata kunci: intellectual capital, karakteristik perusahaan, perusahaan jasa keuangan

Copyrights © 2016