PAEDAGOGIA
Vol 21, No 2 (2018): PAEDAGOGIA Jilid 21 Nomor 2 (2018)

NILAI PENDIDIKAN NOVEL LIPSTICK KARYA ACHMAD MUNIF DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR APRESIASI SASTRA DI SMA

Devin Cahya Prastika (Mahasiswa Universitas Sebelas Maret)
Suyitno Suyitno (Universitas Sebelas Maret)
Edy Suryanto (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) Nilai-nilai pendidikan novel Lipstick karya Achmad Munif dan (2) Relevansi novel Lipstick karya Achmad Munif sebagai materi ajar apresiasi sastra di SMA. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan pendekatan feminisme sastra. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara. Validasi  data menggunakan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian: (1) Nilai-nilai pendidikan novel Lipstick karya Achmad  Munif  meliputi nilai pendidikan agama, moral, sosial dan budi pekerti, dan (2)   Novel Lipstick karya Achmad Munif dapat dijadikan sebagai materi ajar apresiasi sastra di SMA, khususnya di kelas XII pada semester 2. Hal ini selaras dengan kompetensi dasar yang ditawarkan dalam Kurikulum2013, yaitu memahami struktur dan kaidah teks cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan, utamanya terkait dengan materi analisis ciri kebahasaan, memahami isi dan makna teks cerita novel. Kata kunci: novel, nilai pendidikan, pembelajaran sastra, materi ajar

Copyrights © 2018