Jurnal Administrasi Bisnis
Vol 63, No 1 (2018): OKTOBER

PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (Survei pada Pengguna Sepeda Motor Merek Honda Beat di Sarana Kartika Motor Kabupaten Malang)

Thomas Aditya Wicaksana (Unknown)
Suharyono Suharyono (Unknown)
Kadarisman Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2018

Abstract

This study aims to (1) analyze and explain the effect of brand equity on satisfaction, (2) the influence of brand equity on loyalty, (3) the effect of satisfaction on loyalty.The type of research used is explanatory with quantitative approach. Variables in this study include Brand Equity, Satisfaction and Loyalty. The population of this research is the user of Honda Beat motorcycle in Sarana Katika Talangagung, Kepanjen, Malang Regency. The sample used in this study as many as 107 respondents taken by using purposive sampling and data collection methods using questionnaires. Data analysis used is descriptive analysis and Path Analysis (Path Analysis).The result of path analysis shows that Brand Equity (X) has significant effect on customer satisfaction (Y1), Brand Equity (X) has significant effect on Customer Loyalty (Y2), Customer Satisfaction (Y1) has significant effect on Customer Loyalty (Y2). Based on the results of the study is expected Honda's party can maintain brand equity, so kepusan and customer loyalty increases. Keywords: Brand Equity, Customer Satisfaction, Customer Loyalty АBSTRАK Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis dan menjelaskan pengaruh ekuitas merek terhadap kepuasan, (2) pengaruh ekuitas merek terhadap loyalitas, (3) pengaruh kepuasan terhadap loyalitas. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi Ekuitas Merek, Kepuasan dan Loyalitas. Populasi penelitian ini adalah pengguna sepeda motor Honda Beat di Sarana Katika Talangagung, Kepanjen, Kabupaten Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 107 responden yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa Ekuitas Merek (X) berpengaruh secara signifikan  terhadap kepuasan pelanggan (Y1), Ekuitas Merek (X) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y2), Kepuasan Pelanggan (Y1) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y2). Berdasarkan hasil penelitian diharapkan pihak Honda dapat mempertahankan Ekuitas Merek, sehingga Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan meningkat. Kata Kunci: Ekuitas Merek, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Copyrights © 2018