Indonesia akan menghadapi persaingan dalam semua bidang, antara lain perniagaan, industri dan berbagai bidang lainnya. Untuk itu dibutuhkan peningkatan kualitas sumber daya berkualitas, kreatif dan produktif yang dapat dikembangkan melalui pendidikan. Sekolah memiliki peran strategis dalam menciptakan sumber daya manusia sebagai agen penggerak ekonomi kreatif serta untuk menanamkan jiwa berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui internalisasi pendidikan ekonomi kreatif sebagai bridging course pembelajaran kewirausahaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan teknik analisis data menggunakan kuantitatif persentase. Populasi penelitian adalah para guru dan peserta didik pada mata pelajaran Kewirausahaan di dua sekolah adiwiyata di kota Semarang. Hasil penelitian menunjukan bahwa internalisasi pendidikan ekonomi kreatif baik ditinjau dari sisi guru dan peserta didik tergolong sangat tinggi, artinya sekolah sudah memasukkan nilai-nilai pendidikan ekonomi kreatif ke dalam pembelajaran; selain itu pembelajaran kewirausahaan baik dari sisi guru dan peserta didik juga tergolong sudah tinggi, artinya pembelajaran kewirausahaan baik dari sisi materi, metode dan kemampuan guru sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran kewirausahaan. Kata Kunci: internalisasi, pendidikan ekonomi kreatif, pembelajaran kewirausahaan
Copyrights © 2017