Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application
Vol 7 No 3 (2018): September 2018

Meningkatkan Interaksi Sosial dengan Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Cinematherapy

Normanita, Ricka Wenys (Unknown)
Kurniawan, Kusnarto (Unknown)
Nusantoro, Eko (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari layanan bimbingan kelompok teknik cinematherapy terhadap kemampuan interaksi sosial siswa dengan teman sebaya. Indikator perilaku interaksi sosial dengan teman sebaya meliputi kerjasama, persaingan, penyesuaian diri, dan mengurangi konflik. Jenis penelitian ini yakni eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test. Subyek dalam penelitian ini yakni ada 10 siswa dari kelas X-IPS 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala interaksi sosial, dianalisis menggunakan analisis deskriptif presentase dan uji wilcoxon. Tingkat kemampuan interaksi sosial siswa dengan teman sebaya sebelum pemberian layanan bimbingan kelompok teknik cinematherapy berada pada kategori sedang (66,0%) dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik cinematherapy berada pada kategori tinggi (79,5%). Kemampuan interaksi sosial siswa dengan teman sebaya sesudah diberi perlakuan layanan bimbingan kelompok teknik cinematherapy mengalami peningkatan sebesar 13,5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik cinematherapy berpengaruh terhadap kemampuan interaksi sosial siswa dengan teman sebaya kelas X-IPS 1 SMA Negeri 1 Demak dan mempunyai implikasi untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa dengan teman sebaya dengan baik. Research aims to understand the influence of services guidance technical group cinematherapy of the ability of social interaction students with peers .Indicators behavior social interaction with peers covering cooperation,  competition,  adjustment self,  and reduced conflict. The kind of research is to experiment with the design one group pre-test and post-test .Subject in research is to there were 10 students of a class x-ips 1. Technique data collection in this research using scale social interaction, analyzed using analysis descriptive the percentage and the wilcoxon. The ability social interaction students with peers before service delivery guidance technical group cinematherapy be in the and he 66,0 % ) and after service delivery guidance group to technique cinematherapy be in the high ( 79,5 %). The social interaction students with their peers be service after treatment guidance technical group cinematherapy increased by 13,5 %. The result showed that services guidance technical group cinematherapy exert influence over the capacity social interaction students with their peers class x-ips 1 public SMA N 1 Demak and have implications for upgrading social interaction students with their peers well.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jbk

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Indonesian journal of guidance and counceling publishes research articles and conceptual analysis of guidance and counseling both in schools and out of school education that includes the study of guidance counseling, management, and counseling application approaches, innovation, media / information ...