Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application
Vol 7 No 3 (2018): September 2018

Persepsi Siswa tentang Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar pada Siswa Kelas XI

Jaya, Tisaga Purnama (Unknown)
Suharso, Suharso (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena dilapangan banyak siswa yang tidak mengetahui faktor yang mempengaruhi disiplin belajar di SMA Negeri se-Kabupaten Sragen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi siswa tentang faktor yang mempengaruhi disiplin belajar. Jenis penelitian yang digunakan adala survai dengan pendekatan kuanitatif deskripif. Subyek penelitian adalah kelas XI dengan teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah Skala Persepsi. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua komponen dalam faktor yang mempengaruhi disiplin belajar cukup berpengaruh terhadap disiplin belajar. Dapat disimpulkan bahwa dari keempat faktor yang mempengaruhi disiplin belajar semuanya cukup berpengaruh terhadap disiplin belajar. Faktor lingkungan non-sosial merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap disiplin belajar siswa diantara empat faktor yang dapat mempengaruhi disiplin belajar siswa yang terdiri dari faktor fisiologis, faktor psikologis, dan faktor lingkungan sosial.  

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jbk

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Indonesian journal of guidance and counceling publishes research articles and conceptual analysis of guidance and counseling both in schools and out of school education that includes the study of guidance counseling, management, and counseling application approaches, innovation, media / information ...