Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan)
Vol 4, No 2 (2017): Mekom, AGUSTUS

EKSPLORASI GAYA BELAJAR MAHASISWA DAN KEMAMPUAN MENGKONSEPSI GAMBAR TEKNIK

Rais, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi karaktersitik gaya belajar mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah Gambar Teknik, 2) menguji pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan mengkonsepsi gambar teknik. Desain penelitian adalah pra eksperimen yang dilakukan terhadap 40 orang mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknologi Pertanian angkatan 2016. Instrumen penelitian menggunakan Kolb Learning Style Inventory (KLSI) yang terdiri dari empat dimensi, yaitu gaya belajar diverging, converging, assimilator, dan accommodating. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar mahasiswa terdiri dari 4 (10%) diverging, 12 (30%) converging, 6 (15%) assimilator, dan 18 (45%) accommodating. Dengan demikian, gaya belajar didominasi oleh accommodating dan converging. Penelitian juga menunjukkan bahwa gaya belajar memiliki pengaruh yang signifikan dalam memberikan kemampuan mengkonsepsi gambar teknik. 

Copyrights © 2017