Jurnal IPA Terpadu
Vol 1, No 1 (2017)

PERBANDINGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BAREBBO KABUPATEN BONE YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL

Hartati, A. ( SMP Negeri 3 Barebbo)
Hala, Yusminah ( Universitas Negeri Makassar)
Taiyeb, A. Mushawwir ( Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
13 May 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  (1) mengetahui perbedaan motivasi belajar IPA Biologi antara yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Barebbo Kabupaten Bone tahun ajaran 2015/2016, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA Biologi antara yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas  VII SMP Negeri 3 Barebbo Kabupaten Bone tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas  VII SMP Negeri 3 Barebbo.Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajan kooperatife tipe STAD dengan pembelajaran konvensional (2)Terdapat perbedaan hasil belajar Biologi antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatife tipe STAD dengan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2017