Penelitian ini membahas manfaat hasil belajar fashion merchandising sebagai kesiapan menjadi pengelola bisnis fashion di department store. Tujuan penelitian ini umtuk memperoleh data mengenai manfaat hasil belajar fashion merchandising ditinjau dari konsep dasar, penguasaan job description, penguasaan keterampilan fashion merchandising, dan penguasaan perencanaan fashion merchandising. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan alat pengumpul data berupa angket. Sampel penelitian adalah mahasiswa Program Studi Kriya Tekstil Mode Universitas Telkom Bandung berjumlah 30 orang dan sampel yang digunakan yaitu sampel purposive. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada umumnya lebih dari setengahnya responden menyatakan terdapat manfaat hasil belajar fashion merchandising sebagai kesiapan menjadi pengelola bisnis fashion di department store, ditinjau dari konsep dasar, penguasaan job description fashion merchandiser, penguasaan materi mengenai fashion merchandiser, dan penguasaan dalam perencanaan fashion merchandising. Simpulan dari hasil penelitian adalah peserta didik sudah optimal dalam memanfaatkan hasil belajar, karena pada umumnya sudah mencapai lebih dari setengahnya peserta didik menguasai kompetensi dalam mata kuliah fashion merchandising.
Copyrights © 2013