Jurnal Ecolab
Vol 11, No 1 (2017): Jurnal Ecolab

PENGARUH TEKANAN PENDUDUK TERHADAP LAHAN PERTANIAN DI SUB DAERAH ALIRAN SUNGAI YANG DIPULIHKAN (STUDI KASUS PADA SUB DAERAH ALIRAN SUNGAICIMINYAK)

Muhamad Yusup Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2017

Abstract

Tekanan penduduk (TP) terhadap lahan pertanian merupakan salah satu parameter dalam menentukan klasifikasi DAS. Tingginya tekanan dapat memicu semakin parahnya kerusakan lahan dan berbagai masalah lingkungan yang kompleks. Sub DAS Ciminyak merupakan bagian dari DAS Citarum yang memiliki peranan strategis, sehingga penting diperoleh informasi tentang tingkat tekanan penduduk terhadap lahan pertaniannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat tekanan penduduk pada masing-masing kecamatan serta menyajikan informasi distribusi spasial tekanan penduduk terhadap lahan pertanian pada di Sub DAS Ciminyak dengan memanfaatkan sistem informasi geografis (SIG). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Peta Penggunaan Lahan sub DAS Ciminyak skala 1 : 50.000, (2) Peta Administrasi Kabupaten Bandung dan Bandung Barat Skala 1 : 50.000, (3) Data jumlah penduduk bermata pencaharian sebagai petani tahun 2015 dan (4) data kependudukan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Badung Barat Tahun 2012 - 2015. Analisis tekanan penduduk terhadap lahan pertanian menggunakan rumus Soemarwoto dan klasifikasinya disajikan dalam bentuk peta. Hasil penghitungan TP pada Sub DAS Ciminyak apabila tidak memasukan pendapatan lain di luar sektor pertanian, diperoleh satu kecamatan memiliki TP terkategorikan tinggi. Empat kecamatan terkategorikan sedang serta satu kecamatan memiliki TP terkategorikan ringan. Apabila memasukkan pendapatan lain diluar sektor pertanian, diperoleh tiga kecamatan memiliki TP terkategorikan sedang serta tiga kecamatan memiliki TP terkategorikan ringan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JKLH

Publisher

Subject

Environmental Science

Description

Jurnal Ecolab adalah wadah yang merupakan sarana informasi dan publikasi berkaitan dengan kegiatan laboratorium lingkungan. Penerbitan Jurnal Ecolab untuk menampung berbagai informasi mengenai kajian ilmiah, hasil kegiatan pemantauan kualitas lingkungan dan kegiatan sejenisnya dari berbagai kalangan ...