Penelitian inibertujuan untuk mengetahuikecerdasan emosional dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas XI SMA Negeri 4 Pariaman memilikihubunganyang positifdan signifikan.Jenispenelitianiniadalahkuantitatifdenganmenggunakanmetodepenelitian korelasional.Instrumenyang digunakan dalammengumpulkan dataadalah kuesioner modelskalaLikert.Analisadatadilakukandenganmenggunakan programpada komputer yakniMs.Excel2007.Adapunpopulasidaripenelitian XI SMA Negeri 4 Pariaman sebanyak 269 orang dengan sampel 161 orang. Berdasarkan hasil penelitian,diperoleh koefisien kecerdasan emosional dan kepercayaan diriterhadap hasil belajarTIK sebesar16,8%.Dariujianalisis data didapatkanbahwadata normaldanlinier.Hasilpengujianpada taraf signifikansiα0,05(tarafkepercayaan90%)didapatkannilaiFhitung=17danFtabel =1,30sehinggadiperolehFhitung>Ftabel (17 >1,30).Dengandemikianhipotesis ketigaditerima,yangberartibahwaterdapatkontribusiyangyangpositifdan signifikankecerdasan emosional dankepercayaan diri terhadap hasil belajarTIK siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Pariaman.KataKunci:kecerdasan emosional,kepercayaan diri, hasil belajar
Copyrights © 2017