LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra
Vol 3, No 1 (2018): Januari - Juni

PEMEROLEHAN FONOLOGI ANAK USIA 6 TAHUN DENGAN RIWAYAT KEJANG DEMAM (Studi kualitatif pemerolehan fonologi pada Nazwa)

Happy Sri Rezeki Purba (Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakulatas Ilmu Pendidikan dan Keguruan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemerolehan fonologi anak usia 6 tahunu dengan riwayat kejang demam melalui studi kualitatif. Peneliti mengumpul data dari percakapannya dengan Subjek penelitian (Nazwa) yang berlangsung selama kurang lebih enam bulan. Dalam penelitian ini didapatkan dua hasil penelitian yaitu: Pertama, Nazwa memperoleh 6 fonem vokal dan 18 fonem consonant, Kedua, Nazwa mengalami kesulitan dalam pemerolehan fonem konsonan velar [k,g] dan nasal [ɳ]. Penelitian ini diharapkan dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang psikolinguistik dan memberikan informasi bagi siapa saja yang tertarik dengan pemerolehan fonologi. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Linguistik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra berisi artikel-artikel ilmiah tentang bahasa, sastra, linguistik, dan hubungannya dengan pengajaran, baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Artikel yang dimuat berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan pembahasan ...