SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 1, No 2 (2018): Mei

PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN BADAN USAHA MILIK DESA MELALUI PELATIHAN ADMINISTRASI PROGRAM SIMPAN PINJAM DI SELEBUNG BATUKLIANG LOMBOK TENGAH

Ibrahim Ibrahim (Unknown)
Mas,ad Mas,ad (Unknown)
Kamaluddin Kamaluddin (Unknown)
Achmad Djunaidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2018

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) memiliki peranan penting dalam meningkatkan kesejahteraanmasyarakat perdesaan. Keberadaan BUMDes terutama program simpan pinjam memberikan nilailebih dalam memberikan peluang akses lebih cepat dan mudah dalam meminjamkan uangsebagai modal usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan badanusaha milik desa melalui pelatihan administrasi program simpan pinjam pada Desa SelebungBatukliang Lombok Tengah. Metode Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dengan pihak desa, pengelola BUMDesdan masyarakat penerima manfaat program. Analisis data dalam penelitian ini menggunakanmodel analisis interaktif yaitu analisis dengan menggunakan reduksi data, display data, danverifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa keberadaan pelatihanadministrasi pada program simpan pinjam memberikan dampak positif dalam pengembanganusaha. Hal ini dibuktikan dari sebelumnya pengolahan admnistrasi masih bersifat administrasimanual dan berubah menggunakan komputerisasi dengan sistem yang teratur.

Copyrights © 2018