Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Vol 1, No 1 (2018): ( Mei ) Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia

ANALISIS KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN TRUE OR FALSE DAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA KELAS XI SMA NEGERI 1 ALALAK

Siti Aisyah Nur Sari (Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin)
Okviyoandra Akhyar (Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin)
Raden Roro Ariessanty Alicia Kusuma Wardani (Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi pembelajaran true or false dan take and give terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan asam-basa kelas XI. Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan metode quasi eksperimen dengan rancangan “Non-equivalen Control Design” yang terdiri dari 2 kelas: kelas ekperimen I dan eksperimen II. Kelas eksperimen I mendapatkan perlakuan menggunakan pembelajaran aktif strategi true or false, sedangkan kelas eksperimen II menggunakan pembelajaran aktif strategi take and give. Tes dilakukan sebelum (pretest) dan sesudah perlakuan (postest). Teknik analasis yang digunakan adalahOne sample t-test.Hasil penelitianmenunjukkan: (1) Berdasarkan analisis nilai posttest denganOne sample t-test untuk kelas eksperimen I diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,003<0,05 hal ini berarti H0 ditolak artinya strategi true or false efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pada kelas eksperimen II diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,035<0,05 berarti H0 ditolak artinya strategi take and give efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa,(2) efektivitas kelas ditinjau dari selisih hasil belajar pretest dan posttest menunjukkan pembelajaran menggunakan strategi true or false dengan presentase 30,59% lebih efektif daripada menggunakan take and give dengan presentase 21,33%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

daltonjurnal

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Merupakan jurnal dalam bidang pendidikan kimia dan ilmu kimia di program studi pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB, diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal, terbit setiap mei dan November (e-issn: 2621-3060). Pada bidang ilmu ...