Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Vol 1, No 1 (2018): ( Mei ) Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia

PENGEMBANGAN KARTU REMI KIMIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID KELAS XI SMA KORPRI BANJARMASIN

Ni Kadek Ayu Sukarsih (Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska)Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin)
Raden Roro Ariessanty Alicia Kusuma Wardhani (Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska)Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin)
Mohan Taufiq Mashuri (Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska)Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2018

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian R&D (Research & Development) dengan menggunakan desain Borg dan Gall. Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMA KORPRI Banjarmasin denganjumlah siswa 32 orang.Teknik pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test. Uji kelayakan produk di lakukan dengan menggunakan skala likert. Uji validitas instrumen hasil belajar dilakukan dengan menggunakan rumus product moment, uji reabilitas instrumen hasil belajar dilakukan dengan menggunakan rumus Alpha, dan hasil belajar siswa diukur menggunakan persentasi skor. Dari hasil penelitian produk pengembangan kartu remi kimia menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan uji kelayakan produk yang dilakukan didapatkan nilai untuk setiap aspeknya yaitu aspek kebahasaan dan kegrafisan mendapat kriteria sangatbaik. Sedangkan untuk kelayakan isi, TGT dan kegrafisan mendapat kriteria B yaitu Baik. Untuk uji validitas instrumen hasil belajar dengan taraf signifikan 5% r tabel 0,444 didapatkan 13 butir instrumen hasil belajar valid dari 30 butir instrumen hasil belajar. Untuk uji reabilitas instrumen hasil belajar mendapatkan nilai 1,032 dan hasil belajar mengalami peningkatan dengan 57,01%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

daltonjurnal

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Merupakan jurnal dalam bidang pendidikan kimia dan ilmu kimia di program studi pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB, diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal, terbit setiap mei dan November (e-issn: 2621-3060). Pada bidang ilmu ...