Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi
Vol 1, No 1 (2018): Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi

Pemodelan Shopping Trips dan Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Suatu Mall sebagai Tempat Berbelanja (Studi Kasus pada Mall di Kawasan Sekitar Jakarta Utara)

Ita Handayani (Universitas Pamulang)
Ria Indrasari (STKIP Surya)
Siti Sofiatun (MAN Insan Cendikia Serpong)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2018

Abstract

Jika kita melihat shopping trips yang dilakukan orang-orang yang tinggal di sebuah pemukiman di suatu daerah selama periode waktu tertentu, bagaimanakah kita mengembangkan sebuah model perilaku belanja yang cocok?. Paper ini menyajikan pendekatan pemodelan untuk menggambarkan perilaku belanja di mall wilayah sekitar Jakarta Utara. Selain itu, faktor-faktor yang mungkin berpengaruh terhadap perilaku belanja tersebut juga dianalisis untuk melihat keakuratan dari pendekatan model yang dibuat. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui jumlah tarikan pengunjung perjalanan belanja ke suatu mall di Jakarta Utara. Data primer diperoleh dari hasil tanya jawab dengan penduduk di Jakarta Utara terkait trayek transportasi menuju mall, sedangkan data sekunder diperoleh dari hasil browsing internet berupa data variabel luas mall, luas retail floor, jumlah penduduk per kecamatan, jumlah toko, kapasitas parkir kendaraan, banyaknya alternatif transportasi, prosentase perkembangan distribusi pengeluaran, dan kategori mall. nKerangka pemodelan yang diusulkan adalah sebagai berikut. Pertama, model tarikan pengunjung dari sebuah  kecamatan  ke mall-mall yang ada di Jakarta Utara. Kedua, tarikan pengunjung dari sebuah  kecamatan  ke mall-mall yang ada di Jakarta Utara berdasarkan kategori mall dan kategori tingkat ekonomi penduduk di kecamatan tersebut. Kedua pendekatan model yang dibuat dapat dijadikan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan bagi pemerintah kota terkait dalam melakukan pengembangan tata kota, baik dari sisi lalu lintas maupun pengaturan gerakan distribusi barang.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JTSI

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi merupakan media publikasi karya ilmiah di bidang teknologi dan sistem informasi yang dapat berupa analisa, pengembangan, dan aplikasinya, tetapi tidak terbatas pada ...