Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application
Vol 7 No 3 (2018): September 2018

Meningkatkan Kemampuan Manajemen Waktu Melalui Layanan Penguasaan Konten

Silmiyati, Nur Aini (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2018

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena diterapkannya kebijakan lima hari sekolah di SMA Negeri 1 Muntilan yang mengakibatkan siswa kelas XI IPA 6 memiliki kemampuan manajemen waktu yang paling rendah, berdasarkan hasil analisis angket yang disebarkan pada siswa kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan manajemen waktu yang ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre eksperimental dengan desain one group pre test-post test. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 6 yang berjumlah 36 siswa yang diambil dengan teknik pupossive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner kemampuan manajemen waktu dengan analisis data berupa deskriptif persentase dan uji t (t-test). Kemampuan manajemen waktu sebelum pemberian layanan diperoleh rata-rata 55,19% (sedang), dan setelah pemberian layanan naik menjadi 69,72% (tinggi) artinya setelah pemberian layanan terjadi peningkatan sebesar 14,53%. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung = 21.464 dengan ttabel = 2.024, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Simpulan dari penelitian ini yaitu kemampuan manajemen waktu pada siswa kelas XI IPA 6 SMA N 1 Muntilan dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten.   Kata Kunci: layanan penguasaan konten; manajemen waktu; siswa   ABSTRACT This study was conducted based on the phenomenon implementation of a five-day school in SMA Negeri 1 Muntilan resulting class XI IPA 6 have time management skills are the lowest, based on the results of the analysis of a questionnaire distributed to the XI students. This study aims to determine time management skills are enhanced through the mastery of content services. This type of research is pre-experimental with one group pre test-post test design. Subjects in this study were students of class XI IPA 6 of the 36 students with pupossive sampling techniques. Methods of data collection using questionnaires time management skills with descriptive data analysis in the form of percentage and t test (t-test). Time management skills before delivery of service showed an average of 55,19% (medium) and after delivery of services increased to 69,72% (high), this means an increase of 14,53%. T-test results showed that the value tvalue = 34.233 with ttable = 2.024, it can be concluded that Ha is accepted. The conclusion of this research is the time management skills in class XI SMA N 1 Muntilan can be promoted through the mastery of content services.   Keywords: content mastery service; time management; student

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jbk

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Indonesian journal of guidance and counceling publishes research articles and conceptual analysis of guidance and counseling both in schools and out of school education that includes the study of guidance counseling, management, and counseling application approaches, innovation, media / information ...