JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 3, No 3 (2018): JIM PBSI Vol. 3 No. 3 Juli 2018

ANALISIS KALIMAT IMPERATIF YANG DIGUNAKAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH

Fahmi, Nurul (Unknown)
Mahmud, Saifuddin (Unknown)
Azwardi, Azwardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2018

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul“Analisis Kalimat Imperatif yang Digunakan Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Inshafuddin Banda Aceh”. Sesuai dengan masalah yang ditentukan, tujuan penelitian ini mendeskripsikan jenis dan penanda kalimat imperatif yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Inshafuddin Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini bersumber dari ujaran yang berupa kalimat imperatif yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas. Sumber data penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia di SMA Inshafuddin Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik rekam (perekaman), teknik simak, dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kalimat imperatif yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Inshafuddin Banda Aceh adalah sebagai berikut: (1) kalimat imperatif tak transitif, (2) kalimat imperatif transitif, (3) kalimat imperatif halus, (4) kalimat imperatif ajakan, dan (5) kalimat imperatif larangan. Selanjutnya, penanda kalimat imperatif yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Inshafuddin Banda Aceh adalah verba dasar, frasa adjektival, verba tak transitif (tidak memiliki objek), penanda nama diri atau kata ganti, bentuk pasif, verba transitif (memiliki objek), kata coba, kata tolong, kata silakan, kata ayo, dan kata jangan atau bentuk tidak boleh.Kata kunci: kalimat imperatif, guru, pembelajaran bahasa Abstract This research titled "Analysis Directive sentences that used the teachers in learning Bahasa Indonesia in SMA Inshafuddin Banda Aceh". In accordance with the specified problem, the purpose of this research describes the type and markers directive sentences that used the teachers in learning bahasa Indonesia in SMA Inshafuddin Banda Aceh. This research uses qualitative approach with descriptive method. This research data derived from a ujaran directive sentences that used the teachers in learning bahasa Indonesia in class. The data source of this research is an Indonesian language teacher at SMA Inshafuddin Banda Aceh. Data collection is done with the record technique (recording), bellow technique and the technique of record. The results of the study showed that the type of directive sentences that used the teachers in learning bahasa Indonesia in SMA Inshafuddin Banda Aceh is as follows: (1) directive sentences no transitif, (2) directive sentences transitif, (3) directive sentences smooth, (4) directive sentences invitation, and (5) directive sentences ban. Next, markers directive sentences that used the teachers in learning bahasa Indonesia in SMA Inshafuddin Banda Aceh is the basic verba verba adjektival phrase, no transitif (does not have the object), bookmark names themselves or a change, passive form, verba transitif (have the object), a try, the word help, said please, the words ho, and words do not or the form cannot be.Keywords: directive sentences, teachers learning language

Copyrights © 2018