Jurnal Penelitian Medan Agama
Medan Agama, Vol. 18, No. 2, 2018

Sikap Masyarakat Kampus (Mahasiswa dan Dosen) Tentang Kebersihan Lingkungan Kampus Uin Sumatera Utara

Neliwati, N ( Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Staff Peneliti Pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pertama, Sikap Dosen dan Mahasiswa terhadap kebersihan trotoar jalan dan halaman sekitar kampus UIN Sumatera Utara. Kedua, Sikap dosen dan mahasiswa terhadap kebersihan toilet (kamar mandi) di UIN Sumatera Utara. Ketiga, Sikap dosen dan mahasiswa terhadap kebersihan ruangan kelas selama berlangsungnya proses perkuliahan di UIN Sumatera Utara.Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara dan pengkajian dokumen. Subjek penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa UIN Sumatera Utara yang diambil melalui tehnik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun langkah-langkah analisis data yaitu: Inductive analysis dan Interim analysis. Selanjutnya, teknik penjaminan keabsahan data yang peneliti gunakan adalah: kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas  dan konfirmabilitas.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

medag

Publisher

Subject

Religion Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian Medan Agama merupakan Jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, yang memuat kajian tentang Keislaman, baik tentang politik islam, pendidikan islam, hukum islam, perbandingan agama islam, komunikasi ...